Jumat, 06 Februari 2009

Tips Selamat di Kuliah Pre-Klinik Kedokteran a la Haurissa

Belajar menjadi dokter adalah hal yang menyenangkan.


Begini nih, saya ada beberapa tips yang bisa digunakan oleh mahasiswa kedokteran atau mungkin gambaran untuk calon mahasiswa di fakultas kedokteran. Ini adalah apa yang dirasakan oleh saya di pre-klinik FK-UAJ:
  1. Buatlah idealisme diri kamu mengapa ingin menjadi dokter. Misalnya: "Dengan menjadi dokter saya kelak, saya akan dapat menolong orang lain". Semua apapun yang menjadi tujuan kamu. Mungkin ada yang mengatakan ini adalah hal yang amat klise, namun pikiran dan cita-cita adalah milikmu, bukan miliki orang lain. Dengan tujuan ini akan menjadi motivasi kamu untuk selama kuliah baik pre-klinik atau klinik.
  2. Bantulah idealisme kamu dengan kata-kata semangat. Kalau bisa ditempelkan juga di kamar kamu. Misalnya: "Ujian Mata harus dapat A". Agar kamu bisa mengingatnya, kapanpun.
  3. Kuliahlah dengan tujuan untuk membantu kamu mengerti garis besarnya. Jangan jadikan kuliah sebagai satu-satunya sumber ingatanmu. Setelah itu ulanglah di rumah dan kalau kamu sempat, bacalah buku teks topik bersangkutan.
  4. Gunakan waktumu dengan bijak. Siapa yang bilang kuliah di FK kamu jadi tidak bisa bergaul, jalan-jalan, pacaran, atau apapun. Mahasiswa FK adalah manusia. Gunakan waktu yang tepat dengan porsinya masing-masing baik untuk belajar, jalan-jalan, makan, tidur.
  5. Ikutlah organisasi kampus. Jangan menjadi mahasiswa yang cuek bebek. Karena kamu akan menjadi mahasiswa yang tanpa koneksi dan relasi sosial yang baik. Dokter memerlukan kemampuan itu yang bisa kamu dapat melalui organisasi kampus.
  6. Nakal sedikit itu perlu. Nakal tapi yang tidak merugikan orang lain ya. Kadang-kadang hal ini bisa jadi pengalaman lucu dan bisa kamu ceritakan kelak ke anak kamu. Paling tidak ya:"Nak, dulu bapak pernah bolos-loh pelajaran ini." Hidup yang terlalu datar juga membosankan.
  7. Kembangkanlah daya pikir rasional dan logika dalam kedokteran. Ini sangat diperlukan karena kamu akan dituntut dengan mengintegrasi atau menggabungkan semua ilmu dalam menjawab kasus kedokteran. Jadi jangan pernah berpikir setengah-setengah.
Hingga saat ini, ini dulu yang terpikirkan... Hehehe... Nanti kalau ada tambahan, saya akan revisi lagi.

2 buah diagnosa diferensial telah diberikan:

  1. nah...
    akhirnya bisa komentar....
    wkwkwkwkwk...

    lu lupa nambahin kode utk ini ya, hau??

    BalasHapus
  2. And, watch House MD, Grey's Anatomy, Scrub, dst.

    BalasHapus

Para konsulen dipersilahkan menuliskan diagnosa diferensial untuk kasus ini: