Sabtu, 24 Januari 2009

Men are from Mars, Women are from Venus


Buku ini adalah sekian dari buku-buku psikologi yang saya punya. Ya saya sedikit banyak menyukai psikologi, dengan berbagai wawasannya mengenai bagaimana membaca perilaku manusia dan bagaimana sebaiknya menyikapinya.

Buku ini baru saya beli di Gramedia Emporium Pluit Mall, Rabu (21/1) ini. Sekalian membeli biografi Barack Obama, saya jadi penasaran dengan inspirasi orang ini.

Buku John Gray PhD ini ingin mencoba memberi pemahaman bagi para pria agar dapat mengerti wanita, dan wanita mengerti pria. Karena terus terang, perbedaan ini seringkali membuat percekcokan di antara sebuah hubungan, baik hubungan pacaran, kerja, dan bahkan hubungan sehari-hari!

Contohnya, ketika seorang pria ingin sekali menyendiri ketika ia mendapati sebuah masalah, -itu pula yang terjadi pada saya-. Namun apa yang terjadi pada wanita? Terkadang ia terus-terus bertanya, "Apa sih yang terjadi? Bilang dong ke saya!" atau "Kok malah melarikan diri sih!" Sebenarnya bukan melarikan diri, tapi pria ingin mengatakan: "Tolong kasih saya waktu untuk berpikir. Jangan ganggu saya!"

Terkadang memang sulit untuk mengartikan dari dua bahasa manusia ini. Masing-masing memiliki dictionariumnya. Dan entah kenapa saya menemukan langsung dua buah masalah yang berkaitan dengan hal ini pada waktu-waktu belakangan ini. Lagi-lagi masalah komunikasi.

Wanita sering kali menggunakan idiomnya atau metafora atau eufemismenya. Sedangkan pria adalah orang yang bersikap dan berkata dengan lebih mengutamakan rasionalitas! Maka itulah saya sendiri pun sering kali tidak mengerti kata-kata wanita yang saya pikir, di luar rasionalitas.

Maka saya berusaha membagi buku ini dengan Pat. Moga-moga bisa menjadi jembatan yang baik.

0 buah diagnosa diferensial telah diberikan:

Posting Komentar

Para konsulen dipersilahkan menuliskan diagnosa diferensial untuk kasus ini: