Rabu, 02 Desember 2009

Techno-freak, Hi-tech, and Vice Verca

Hari ketiga di IKM... Hm, sebenarnya masih seperti kemarin-kemarin saja. Datang pagi, bicara-bicara, pulang. *Horrayy...* Pada pagi hari tiba-tiba saya dipanggil oleh salah satu staff departemen. "Ada Andreas?" Sebenarnya saya tidak begitu ngeh bahwa saya yang dipanggil. Memang dasar saya, karena terbiasa sudah dengan nama Hau atau Erick, nama Andreas tampak luntur.

"Oh saya dok.", jawab saya. Saya masuk ke dalam ruangan staf. Kemudian dokternya berkomentar, "Saya dengar kamu itu hi-tech." (Hitech merek telepon seluler? Haha...). Oh, ternyata staf tersebut meminta saya untuk membuat movie-maker (kalau di kepala saya udah jadi iMovie ^^). Maksudnya membuat video untuk ditayangkan pada sidang pengukuhan salah satu calon guru besar kampus.

Tak pelak, ketika saya berdiskusi dengan salah satu pembimbing, saya juga dibilang dapat melakukan hacking pada data warnet (Ceritanya, bagaimana caranya menanyakan situs apa saja yang dibuka oleh remaja salah satu RW dalam rangka mencari data mengenai kehidupan kesehatan reproduksi dan seksual). Hacking? Apakah saya hacker (peretas, dalam Bahasa Indonesia)?

Apakah benar saya itu hi-tech?

Masa lalu...
Sebenarnya saya sudah mengenal komputer ketika saya di TKK. Saya masih ingat permainan yang menjadi favorit saya adalah Peta Buta dan Puzzle yang tersimpan di dua floppy 5.25". Saya lupa bagaimana awal mulanya, yang jelas kata ibu saya, dia yang mengajarkan dan memperkenalkan komputer kepada saya.

Kemudian maju ke dalam masa-masanya game Prince of Persia, Pac Man, Doom (kecil-kecil main Doom!) dll. Namun tak hanya itu saya juga diperkenalkan DOS dan pengolah kata Word Star 5.0 yang dipakai untuk mengetikkan surat-surat ayah. Setelah jaman mulai berkembang dan permainan komputer semakin menarik, saya meminta untuk membelikan salah satu komputer untuk saya sendiri. ^^ Akhirnya dibelikan, entah saya lupa spesifikasinya. Selain itu saya diperkenalkan juga Lotus 123 yang merupakan cikal bakal dari Microsoft Excel. Dan beberapa program DOS seperti Norton Command, dan lainnya.

Ya, saya cukup banyak bergumul dengan teknologi komputer ini. Bahkan di saat SMP saya baru mendapat pelajaran komputer secara formal, itupun hanya belajar Word Star 7.0 (hari gini...) dan Microsoft Word dan Excel.

Seberapa Tekno?
Ketika SMA, saya sempat jatuh dan sedikit membenci pelajaran komputer. Bagaimana tidak, orang daerah seperti saya harus belajar bahasa pemrograman semacam Pascal. Pengetahuan dasar programming saja saya tak punya. Tapi saya berhasil lulus-lulus saja walaupun dengan nilai yang pas-pasan.

Riwayat saya di dunia ini berkembang lagi setelah belajar mengenai web, dimulai dari Front Page, belajar Dreamweaver, bahasa web, hingga membuat web Final Fantasy Indonesia Online yang sempat selama 5 tahun menjadi komunitas FF di Indonesia yang kini sudah almarhum. Saya sempat diajak oleh teman untuk ikut lomba web di Gonzaga lalu mulai dipanggil untuk menjadi kepala bagian web di Canicomp kegiatan ekskul bidang komputer di Kanisius. Setelah itu pun saya meneruskan karir saya di AToMA, FKUAJ hingga menjadi bidang IT di Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia Wilayah II. Saya mensyukuri akan karir yang sudah saya jalani ini.

Dan saya ingin menjadi dokter dengan sesuatu yang berbeda.

*Sembari mencari inspirasi membuat video untuk sidang pengukuhan Prof. Yvonne ^^

0 buah diagnosa diferensial telah diberikan:

Posting Komentar

Para konsulen dipersilahkan menuliskan diagnosa diferensial untuk kasus ini: