Sabtu, 15 Juli 2006

Aku dan Wikipedia Indonesia

Hahaha... kembali lagi di blog. Sabtu yang.. lumayan. Nggak ada yang spesial, kecuali adek dan nyokap sudah balik ke Pontianak tadi siang. (Nah dut, kalo gitu cepat-cepat sekolahnya, biar bisa SMA di jakarta. Hehehe ^^)


Hari ini cerita-cerita lagi, tentang... Wikipedia!O k, siapa sih hari gini ga tau Wikipedia? Nggak tahu? Wikipedia adalah sebuah situs ensiklopedia gratis yang didirkan Yayasan Wikimedia (bener ga ya namanya?). Alamatnya di www.wikipedia.org. Selain dalam bahasa Inggris, ada banyak bahasa yang ditampilkan termasuk Indonesia (kini urutan ke-25 Artikel terbanyak di seluruh Wikipedia).


Pertamanya gw masuk sebagai pembaca, pencari artikel. Sebuah situs yang ebner berguna kalau diminta menari bahan. Bahannya cukup lengkap dan isinya cukup menjanjikan. Wikipedia yang unik dimana kalian semua bisa menyuntingnya. Smuea, yup semua. kecuali yang IP dibanned sama admin ya... ga bisa deh.


Mulai dari tugas dr. Oen tentang koma hepatikum, wikipedia kerasa pentingnya. Apalagi dengan bahasa yang mudah dimengerti bisa dapat banyak ilmu!


Kini gw sudah mulai masuk menjadi wikipediawan. Yakni kontributor wikipedia Indonesia yang berusaha fokus dan rutin. Gw sendiri berkonsentrasi menyunting artikel Kedokteran dan Anatomi. Awalnya gw menyunting artikel katolik dan artikel Kolese Kanisius, tapi kini beralih.


Beberapa artikel gw buat dengan menerjemahkan dari Wikipedia Inggris. Ya, hitung-hitung belajar Inggris. Dari artikel kedokteran yang seuprit, menjadi artikel yang panjang. Cari aja artikel judulnya "Kedokteran" di wikipedia Indonesia. Lalu merasa agak jenuh dan berhasil mengembangkan artikel Kedokteran itu. Gw beralih ke Anatomi... Ya pikir-pikir Anatomi I udah mulai lupa-lupa. Jadi gw mulai mengembangkan Anatomi lengan Atas dan Bawah. Ya... muskulus coracobrachialis dan "musculus extensor carpi radialis longus yang dipersarafi nervus radialis dari pleksus brachialis" keluar lagi.


Capek juga menyuntingnya, otot segerobak. Otot lengan atas saja belum kelar, pelan-pelan.


Sebenarnya ada satu motivasi yang cukup menggampar gw untuk terus di Wikipedia Indonesia. yaitu perkataand ari Wikipedia tetangga, Wikipedia Malaysia yang tampaknya nggak mau mnerima kekalahan dengan menyebutkan "11.000 artikel kami lebih berkualiti daripada 27.000 artikel Indonesia"


Maka dari itu gw berusaha membuat artikel yang nggak hanya rintisan (stub), tapi artikel penuh. Ya mudah-mudahan Wikipedia Indonesia tetap menjadi satu kebanggan.

0 buah diagnosa diferensial telah diberikan:

Posting Komentar

Para konsulen dipersilahkan menuliskan diagnosa diferensial untuk kasus ini: