Senin, 27 April 2009

Ujian Semester Delapan Hari Keempat: Ilmu Bedah II

Jika dilakukan hitung-hitungan, maka hari ini adalah hari yang terberat bagi saya dalam menjalani ujian ini. Dengan persiapan yang semaksimal mungkin, menurut saya, namun tampaknya tidak begitu bermakna. Saya berusaha mengerti bahan-bahan yang ada, di balik memang ketidaktauladanan dalam belajar yaitu masih menganut sistem kebut semalam.

Saya memerlukan waktu 4 jam dalam mencoba memahami diktat mengenai payudara khususnya tumor-tumornya. Suatu kesulitan besar bagi saya yang konon gaya belajarnya banyak bergantung pada visual. Dengan histopatologi yang banyak misalnya ada sel besar dengan inti kecil dan sitoplasma bening dalam Paget Disease. Saya sulit membayangkannya. Begitu pula dengan penyakit dengan nama-nama baru semacam Cyto Sarcoma Pyhlloides atau Mammaria Ductectasia. Tidak terbayangkan pada pikiran saya.

Ujian hari ini berlangsung dengan memakan energi yang cukup menegangkan. Mengingat nilai bedah saya sebelumnya tidak terlalu baik. Namun saya tetap berusaha yang terbaik. Prognosis ujian hari ini: dubia ad bonam...

0 buah diagnosa diferensial telah diberikan:

Posting Komentar

Para konsulen dipersilahkan menuliskan diagnosa diferensial untuk kasus ini: