Senin, 08 Februari 2010

Itu Saya Saat Enam Bulan Lalu

Hari ini adalah hari yang... ya bisa dikatakan hari H-1 menuju Ujian Tutor IKM. Untuk dikatakan siap? Ya, tidak juga. Saya baru menyentuh 1 satu bahan itu pun baru 1/3 (atau 1/4?) dari diktat tersebut. Kemudian baru menyadari ada diktat yang lowong. Kesimpulannya: belum (baca:tidak) siap untuk ujian besok. Huuaaaa....!

Hari ini adalah hari yang mengingatkan saya dahulu, saat panum untuk pertama kali, saat saya diijinkan secara resmi mengenakan jas putih. Sudah saya katakan dulu, itu adalah impian setiap anak pre-klinik bahwa suatu saat saya akan memakai jas itu! Saat itu, adalah saat yang siap tak siap, jas putih itu dikenakan. Dalam saat itu pula saya berusaha mencari jati diri saya, berpikir, berfilsafat, berkontemplasi pada diri saya mengenai kesiapan saya, kebolehan saya, keberdayaan saya dalam mengenakan jas putih itu. Sebenarnya mengenakan jas putih itu artinya saya adalah seorang dokter muda. Walaupun kata muda itu dikenakan, oleh nanti di dunia kepaniteraan, saya adalah "dokter". Ya, setengah dokter sungguhan, karena sumpah hipokrates belum terucap (walaupun sudah setengah terucap saat janji dokter muda) dan tidak memiliki SIP resmi.

Semua akan memanggilmu dokter atau dokter muda atau koas. Menurut salah satu konsulen saya dulu, ia menyamakan koas adalah seseorang profesi yang tengah bekerja dalam rumah sakit. Artinya, sudah memiliki tanggung jawab dan etos kerja. Bukan lagi mahasiswa yang masih wara-wiri. Ya tingkatannya sudah di atas mahasiswa. Logis, karena dokter muda pasti sudah menyandang Sarjana Kedokteran. Seorang sarjana kedokteran tentu akan disamakan dengan sarjana-sarjana lain yang bekerja. Jas putih adalah tanggung jawab.

Ketika mencari jati diri sebagai dokter muda adalah hal yang saya anggap perlu. Paling tidak untuk 2 tahun akan membangun dan mempertegas visi dan misi hidup Anda sebagai dokter. Akan sangat terlambat, akalau harus tertunda dan terkatung-katung kemudian. Di sinilah akan bergejolak dan berproses, akan menjadi seperti dokter apakah kita?

OK, rekan-rekan mahasiswa FK-UAJ 2006, selamat datang di dunia kepaniteraan klinik. Tuhan berkati Anda (Doa saat koas, punya makna yang bagus dan hasil yang tokcer).
Sampai ketemu di kepaniteraan minggu depan! (Kalau SOCAnya tidak remedial ya... hehehe... Peace!)

0 buah diagnosa diferensial telah diberikan:

Posting Komentar

Para konsulen dipersilahkan menuliskan diagnosa diferensial untuk kasus ini: